Home Tips Otomotif Mobil Mengetahui Bahan Dasar Pembuatan Velg Mobil
formats

Mengetahui Bahan Dasar Pembuatan Velg Mobil

Bahan dasar velg yang utama adalah alumunium, beberapa jenis velg menggunakan bahan alumunium yang dicampur dengan baja. Bahan-bahan ini diproses dengan beberapa cara, dari yang terkuat yaitu Forged Wheel, Pressure Cast Wheel dan terakhir Cast Wheel. Velg-velg yang beredar saat ini kebanyakan adalah tipe Cast Wheel, itupun dengan kualitas nomer dua, mengingat harganya yang masih terjangkau.

Berbeda dengan velg yang beredar pada tahun 1980 an. Pada tahun itu, velg yang beredar adalah velg-velg jenis Forged Wheel dan Pressure Cast Wheel. Merek-merek terkenal pada jaman itu antara lain seperti TRD (For Racing Use Only), Enkei COMPE, Hartge, Super Advan, dll.

Model velg ini, untuk masa sekarang memang sudah ketinggalan jaman dan sulit dicari. Akan tetapi velg-velg jenis ini yang sekarang kembali diminati dan paling sesuai untuk mobil retro. Ukurannya berkisar antar 13-15 inchi.

Membeli velg mobil retro ini, mengingat usianya yang sudah “cukup umur”, harus memiliki kejelian dan ketelitian pada saat memilihnya. Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah :

Bibir Velg, harus bebas dari pecah ataupun benjol. Cara pengecekannya bisa dengan melihat sekilas atau menggunakan mesin balancing agar lebih teliti. Periksa juga apakah ada bekas garis-garis bubutan, karena velg yang pernah bengkok atau benjol pasti diperbaiki dengan cara dibubut.

Offset Velg, apabila ada bekas garis-garis bubutan, berarti velg tersebut sudah dirubah dari kondisi aslinya.

Cat Velg,dalam kondisi asli, cat pada velg akan lebih mengkilap dibanding dengan polesan. Cara paling mudah dengan melihat pada emblem atau cetakan velg tersebut, yang asli sudut cetakan terlihat tajam.

(rdo10)

Like and Share
 
Tags:
 Share on Facebook Share on Twitter Share on Reddit Share on LinkedIn
No Comments  comments 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>