Home Berita Otomotif Mobil Tips Setel Velg Memakai Press Hidrolik
formats

Tips Setel Velg Memakai Press Hidrolik

 

Press velg racing memang tidak semudah merawat velg biasa yang diikat oleh jari-jari. Terlebih lagi bila velg tersebut sudah peang atau bengkok lantaran menghantam lubang, 80 persen velg tersebut sudah tidak dapat digunakan lagi.

Kalau dulu cara memperbaiki velg bintang dengan cara pemanasan dengan api dan dipukul dengan kayu atau palu khusus. Saat ini memperbaiki velg telah menggunakan sistem pengepresan dengan hidrolik. Hebatnya lagi, bengkel press velg sudah ada di mana-mana. Tidak didominasi oleh bengkel press besar, sejumlah bengkel kecil juga kini telah memiliki alat press stel velg tersebut.

 

Menurut Marwan, karyawan di bengkel Gunung Mas Motor Press di Jalan Raya Bogor Kilometer 27, Cibubur, Jakarta Timur, penyetelan velg rusak atau retak dan pecah masih dapat dilakukan dengan alat press hidrolik. Untuk velg yang dalam kondisi rusak parah, meskipun tidak dapat kembali sempurna hingga 100 persen tapi dia tetap dapat diperbaiki hingga 90 persen.

 

“Meskipun velg variasi alumunium saat ini sedang tren tapi velg racing juga masih menjadi pilihan utama pengendara sepeda motor, terutama mereka yang menggunakannya untuk harian. Hal itu karena velg racing dapat dipasang ban tubles dan simpel,” ujar Marwan.

 

Dikatakan Marwan, untuk memperbaiki velg peang dan rusak parah membutuhkan waktu dua jam. Perbaikan velg dapat dilihat oleh konsumen sehingga pelanggan bisa mengetahui proses perbaikannya.

 

“Proses pengepresan dilakukan dengan sistem hidrolik sehingga tidak merusak bibir velg. Kami juga dapat memperbaiki velg yang telah retak atau pecah sekalipun. Tentunya dengan sistem pemanasan dan dilas lagi, tapi untuk memperbaikinya tetap menggunakan sistem press,” ujar Marwan.

 

(rdo45)

Like and Share
 
Tags:
 Share on Facebook Share on Twitter Share on Reddit Share on LinkedIn
No Comments  comments 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>